YUK MENGKHATAMKAN AL QURAN DI MAKKAH DAN MADINAH

1 min read

YUK MENGKHATAMKAN AL QURAN DI MAKKAH DAN MADINAH

Tidak terbayangkan oleh setiap umat Islam yang didalam hati dan jiwanya penuh dengan keimanan, mereka dapat mengkhatamkan Al quran di tempat turunnya Al quran itu sendiri. Selain banyak keberkahannya, juga mendapatkan pahala yang berlipat lipat ganda, hal ini disebabkan setiap ibadah yang dikerjakan di dua tempat suci tersebut mendapatkan jaminan pahala yang berlipat dari Rosulullah Saw.

 

Untuk orang yang melaksanakan Umroh memang sangat sulit sebab waktu pelaksanaan Umroh ini umumnya ditetapkan oleh pihak pengelola perjalanan hanya 9 hari, itu pun sudah termasuk perjalanan pulang pergi selama 2 hari. Bahkan ada sebagian travel yang curang dengan mengurangi hari perjalanan hanya karena ingin mengambil untung yang sebanyak banyaknya.

 

Tapi bukan berarti tidak bisa sih, bisa saja asal bisa mengatur waktu yang tepat dan jitu, caranya mudah dan sangat mudah, kunci utamanya yaitu jangan lepas memegang Al quran selama perjalanan. Dengan tips sebagai berikut :

 

1. Mulai datang ke Airport Soekarno Hatta kita bisa mencari bangku tunggu yang disediakan pihak bandara, nah kita bisa mulai membaca Al quran dengan suara yang pelan, hanya didengar oleh telinga kita sendiri. Sebab biasanya saat kita datang sampai masuk kedalam bandara membutuhkan waktu 5 jam. Ini sudah bukan rahasia umum.

 

2. Saat berada didalam ruang tunggu sebelum masuk pesawat, jamaah biasanya juga menunggu dite ruang tunggu atas kurang lebih 1 – 2 jam, waktu ini bisa kita manfaatkan untuk membaca Al quran.

 

3. Di dalam pesawat setelah mendapatkan tempat duduk sesuai dengan nomor yang tertera di tiket, kita juga bisa membaca Al quran, tentu dengan lama perjalanan sekitar 8 – 9 jam kita juga bisa selingi dengan istirahat tidur dan sebagainya.

 

4. Stetlah pesawat landing di Bandara King Abdul Aziz, sambil menunggu antrian cek pasport di imigrasi juga kita bisa manfaatkan membaca Al quran, begitu juga saat menunggu bus jemptan yang akan mengantarkan kita ke Makkah.

 

5. Karena dianjurkan untuk bertalbiyah selama perjalanan ke Makkah maka program khatam Al quran ini kita bisa lanjutkan setelah tiba di hotel dengan membaca beberapa lembar saja, mengingat letihnya badan memerlukan istirahat yang cukup.

 

6. Dan ini yang terpenting adalah saat kita melaksanakan Sholat lima waktu, diusahakan berangkat ke Masjid satu atau dua jam sebelum waktu azan, sehingga kita bisa gunakan waktu tersebut dengan Itikaf dengan membaca Al quran, mungkin selama di Makkah kita bisa membaca setengah dari Al quran, syukur syukur sih bisa lebih sehingga saat di Madinah kita tinggal menghabiskan sisa bacaan saja.

 

7. Dalam perjalanan menuju Madinah dari Makkah yang menghabiskan waktu kira kira 5 jam juga bisa kita isi dengan program tersebut, begitu juga saat di Madinah, kita bisa habiskan bacaan Al quran di Masjid Nabawi.

 

jika kita telah berhasil mengkhatamkan Al quran, berdoalah di Raudhoh dan Makam Rosulullah, mintalah kepada Allah agar pahala bacaan kita tersebut dihadiahkan kepada kedua orang tua kita dan seluruh kaum muslimin dan muslimat lalu kita minta kepada Allah segala hajat kita, Insya Allah dikabulkan oleh Allah, karena bacaan Al quran merupakan salah satu sarana pendekatan diri kepada Allah yang sangat baik.

 

15
dennistutuko