Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

TIDAK HARUS AIR ZAM-ZAM, INILAH BERBAGAI PILIHAN OLEH-OLEH DARI TANAH SUCI

1 min read

TIDAK HARUS AIR ZAM-ZAM, INILAH BERBAGAI PILIHAN OLEH-OLEH DARI TANAH SUCI

Banyak jamaah haji melanggar aturan air zam-zam yang dibatasi hanya boleh membawa 5 liter dari tanah suci. Mungkin salah satu alasannya karena air zam-zam dianggap sebagai oleh-oleh yang paling pas diberikan pada sanak saudara di tanah air. Sanak saudara banyak, maka air zam-zam yang dibawa sebagai oleh-oleh haruslah banyak. Lima liter mana cukup? Kira-kira begitulah. Tapi, sebenarnya oleh-oleh tidak harus air zam-zam loh, masih banyak berbagai pilihan oleh-oleh dari tanah suci yang bisa kamu bawakan untuk sanak saudara.

Kalau kamu mau membahagiakan sanak saudara dengan membawakan mereka oleh-oleh dari tanah suci, berikut ini beberapa pilihannya:

  1. Kurma

Kurma merupakan buah khas tanah suci. Walaupun di Indonesia mudah kita temukan, tapi dibawakan kurma tanah suci juga pasti sanak saudara senang, seperti dibawakan air zam-zam langsung dari tanah suci saja. Nah, kalau kamu mau bawa kurma, kamu bisa pilih kurma Ajwa. Kabarnya kurma ini adalah kurma yang paling baik. Kabar baik lainnya, kurma ini terbilang paling murah! Bisa jadi oleh-oleh dari tanah suci pilihan terbaik kan?

  1. Gamis

Nah, kalau mau bawakan oleh-oleh yang bukan minuman atau makanan, maka gamis bisa kamu pilih. Membawanya juga ngga membuat kamu repot. Bisa dilipat sedemikian rupa supaya kamu bisa bawa agak banyak. Kamu bisa pilih gamis untuk pria maupun untuk wanita. Salah satu merek gamis yang terkenal adalah Haromain. Harganya sekitar 40 Real. Kalau bagi kamu harga itu terlalu mahal karna mau beli banyak, maka kamu bisa membeli gamis di pinggir jalan dengan harga sekitar 10 sampai 20 Real.

  1. Sorban

Selain gamis, bisa juga sorban. Tapi harga sorban yang lebih berkualitas cukup mahal yaitu kisaran 100-200 Real. Nah, kalau ngga papa beli KW-nya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 20 sampai 30 Real saja per sorban.

  1. Siwak

Siwak juga jadi salah satu oleh-oleh yang sering dipilih jamaah haji.Siwak bukan hanya murah tapi juga memiliki banyak khasiat. Selain itu ukurannya juga sangat kecil jadi kamu bisa membawanya banyak-banyak untuk dibagikan ke banyak orang.

  1. Tasbih

Nah, kalau menurut kamu siwak ngga akan dipakai oleh kerabat di tanah air karena mereka ngga terbiasa menggunakannya. Maka ada pilihan lain oleh-oleh yang berukuran kecil yaitu tasbih. Tasbih pasti akan sangat bermanfaat. Kamu bisa membeli tasbih yang terbuat dari kayu Kokka. Kayu ini konon berasal dari jenis kayu yang sama dengan tongkat milik Nabi Musa As. Atau bisa juga pilih tasbih yang terbuat dari batu.

Ternyata ada banyak pilihan oleh-oleh dari tanah suci selain air zam-zam kan? Tapi kamu juga tetap harus memastikan kalau oleh oleh yang kamu bawa ngga melanggar jumlah atau berat yang diperbolehkan oleh pihak penerbangan ya...

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *