SUNNAH SUNNAH SAAT WUKUF DI ARAFAH

1 min read

SUNNAH SUNNAH SAAT WUKUF DI ARAFAH

Setiap ada wajib pasti ada sunnah, makruh dan yang membatalkan, begitu juga dalam ibadah Haji yaitu wukuf di arafah. Dimana menurut para pakar hukum Islam, ada beberapa sunnah sunnahnya saat kita wukuf di Arafah yaitu :

1. Di sunnahkan bagi imam untuk khutbah arafah setelah masuk waktu Dzuhur dengan dua kali khutbah lalu melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar di jamak qoshor

 

2. Di sunnahkan juga untuk berwukuf sampai matahari tenggelam yaitu waktu Maghrib.

 

 

3. Kemudian di sunnahkan saat wukuf di Arafah untuk memperbanyak berdoa dan berzikir kepada Allah, serta mengucapkan kalimat Laa ilaha illallah wahdahulaa syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syai’in qodiir

 

4. Memperbanyak membaca Al quran, khususnya surat Al hasyr dan surat Al ikhlas sebab didalam sebuah hadist dinyatakan bahwa ini dua surat ini jika dibaca pada hari Arafah bisa menyebabkan keinginan kita di perkenankan oleh Allah Swt

 

 

5. Sunnah pada hari Arafah saat beribadah wukuf untuk memperbanyak membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

 

6. Saat berdoa di Arafah disunnahkan mengangkat tangan, menghadap ke arah kiblat dan dalam keadaan suci, posisi berdoa ini menurut sebagian para ulama adalah ketika menaiki Jabal Rahmah.

 

 

7. Memperbanyak Istighfar juga sebuah perkara yang di sunnah kan saat wukuf di Arafah, juga beristighfar untuk kedua orang tua kita dan seluruh orang beriman laki laki maupun perempuan.

 

Banyak umat Islam yang tidak menyia nyiakan kesempatan berdoa di Arafah, karena Arafah merupakan salah satu tempat dan waktu yang di ijabah Allah Swt, oleh karena itu mereka sangat khusyu dalam berdoa dan bermunajat. Hal ini adalah kesempatan yang sangat langka bagi mereka ditengah tengah jutaan umat Islam yang menginginkan berada di waktu dan tempat yang mustajab setiap tahunnya.

 

Karena itu jika diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah Haji, gunakanlah kesempatan wukuf di Arafah untuk bermunajat dan memohon ampunan kepada Allah untuk diri kita dan kedua orang tua kita khususnya, supaya kita bisa selamat dari azab Allah di hari akhir nanti kemudian mintalah kepada Allah agar membimbing kita dari kehinaan maksiat menuju ketaatan, sehingga kubur dan hati kita dipenuhi dengan cahaya ketaatan.

 

Mintalah juga kepada Allah agar Allah mencukupkan harta kita dengan sesuatu yang halal sebab banyaknya manusia berbuat dosa karena memakan harta yang haram, sehingga hati mereka menjadi mengeras dan membeku, tidak lagi tergerak untuk menjalani petunjuk Allah dan rosulNya.

14
dennistutuko