SUNNAH SUNNAH NYA DALAM BERIHROM

1 min read

SUNNAH SUNNAH NYA DALAM BERIHROM

Sunnah dalam hukum Fiqih saat berihrom  yaitu jika dikerjakan mendapatkan pahala sedang jika ditinggalkan tidak membatalkan ihrom itu sendiri, namun sayang jika kesempatan yang belum tentu seumur hidup sekali ini kita sia siakan. 

 

Didalam kitab Fiqih Islami wa adilatuhu karya Syaikh Wahbah Azzuhaily bab Haji dan Umroh disebutkan bahwa ada beberapa sunnah sunnahnya orang yang sedang berihrom yaitu :

 

1. Mandi sunnah

 

ini bisa dikelakukan saat kita mengambil miqot, umumnya setiap masjid tempat kita mengambil miqot disediakan kamar mandi yang jumlahnya cukup banyak untuk para Mu’tamirin atau orang yang akan melaksanakan Umroh. Mandi ihrom ini cukup meretakan air keseluruh anggota tubuh disertai dengan niat.

 

2. Mengenakan pakaian Ihrom yang bagus dan baik

jangan mengenakan kain Ihrom yang tembus pandang sehingga keliatan warna kulitnya, karena ini bisa membatalkan syarat dari tertutupnya aurat.

 

3. Bagi kaum perempuan disunnahkan menutup bagian tangan atas dengan kaos tangan Ihrom

 

4. Sholat sunnah Ihrom dua rokaat.

Mengikut kepada perbuatan Rosulullah sebagaimana diriwayatkan oleh asyaikhoni, dimana salam sholat tersebut membaca Fatihah dan Al kafirun pada rokaat pertama dan membaca Fatihah dan surat Al ikhlas pada rokaat kedua.

 

5. Niat Ihrom dan berdoa

 

Disunnahkan menurut ulama ulama Syafi’iyyah saat berdoa menghadap ke arah kiblat karena salah satu etika dalam berdoa adalah seperti itu. Dan doa Ihrom sebagai berikut : Allahumma ahromu laka sya’ri wa basyari wa lahmi wa dammi. Artinya Ya allah aku haramkan kepadaMu rambutku, kulitku, dagingku dan darahku dari api neraka

 

6. Disunnahkan pula seseorang berihrom saat duduk diatas kendaraan setelah sholat sunnah atau saat mulai berjalan bagi yang berjalan kaki

 

7. Memperbanyak membaca Talbiyah.

Dalam membaca kalimat Talbiyah ini dianjurkan mengeraskan suara baik dalam keadaan berdiri maupun duduk hingga sampai di Masjidil Haram

 

Saat kita melaksanakan Ihrom dengan sunnah sunnahnya tersebut maka akan terasa kenyamanan dalam beribadah sebab kita sudah berusaha mengikuti apa yang telah diperbuat oleh Nabi Muhammad Saw, karena salah satu fungsi sunnah juga adalah menambal kekurangan yang tidak kita sengaja dalam wajib.

13
dennistutuko