Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

RAGAM TEMPAT BELANJA DI MEKAH, BELI OLEH-OLEH DI SINI SAJA!

1 min read

RAGAM TEMPAT BELANJA DI MEKAH, BELI OLEH-OLEH DI SINI SAJA!

Jamaah haji atau umroh yang hobinya belanja, nggak usah khawatir mau beli oleh-oleh di mana. Pasalnya, banyak tempat belanja di Mekkah yang lengkap menyediakan ragam kebutuhan jamaah haji maupun umroh dari seluruh dunia. Setelah rangkaian ibadah selesai, bisa banget melipir ke tempat-tempat berikut dan beli buah tangan buat kerabat di tanah air.

 

1. Pasar Zakfariah

Pasar satu ini juga dikenal sebagai pasar borong. Lokasinya hanya 1 km dari Masjidil Haram di Mekkah. Pasar tradisional ini terutama menyediakan ragam keperluan ibadah, jam tangan, perhiasan sampai barang elektronik. Pedagang di sini rata-rata bisa berbahasa Indonesia, jadi nggak usah khawatir susah belanja buat yang nggak fasih berbahasa Arab. Tawar menawar juga boleh banget dilakukan di sini. Saat tiba waktu sholat, pasar akan tutup sementara dan pedagang menggelar karpet sebagai alas sholat di lorong-lorong jalan pasar.

 

2. Misfalah

Tempat belanja di Mekkah berikutnya adalah jalan Misfalah sampai Bakhutmah. Daerah ini juga termasuk jalan utama yang sering dilalui jamaah umroh saat berangkat ataupun pulang dari Masjidil haram. Di sini banyak banget toko yang menjual ragam oleh-oleh khas Saudi Arabia. Barang favorit yang biasa dibeli di antaranya adalah sajadah, tasbih, peci, minyak zaitun, karpet sampai dengan pacar kuku. Tips belanja di sini adalah harus pinter nawar dan jangan terpaku pada satu toko. Semakin dekat Masjidil Haram, bakal makin banyak toko yang ada. Bahkan, konon semakin dekat lokasi toko dengan Masjidil Haram, harga barangnya akan lebih murah. Sepanjang jalan ini juga banyak banget toko suvenir seperti parfum, gelang, gantungan kunci dan lain-lain yang harganya cuma 2 riyal.

 

3. Hilton Tower Mall

Letaknya persis di depan Masjidil Haram. Di sini kita bakal menemukan 450 gerai toko merk internasional dan lokal. Barang-barang yang dijual di sini semuanya bermerk dan pastinya mehong. Hilton Tower Mall bisa jadi pilihan belanja buat kamu yang berduit. Di dalamnya juga turut dilengkapi restoran merk lokal sampai internasional.

 

4. Mira Mall

Lokasi pusat perbelanjaan ini menyatu dengan Gedung Mira Ajyad Hotel di Jalan Ayjad. Tempat belanja ini gampang banget dicapai. Kita cukup jalan kaki aja dari pintu keluar nomor 1 Abdul Aziz. Jamaah cukup jalan kaki ke arah kiri dari pintu nomor satu itu. Jaraknya kira-kira 100 meter, sampai deh!

8
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *