Desi Wulandari Buruh teks serabutan

PERSIAPAN UMROH BULAN JANUARI SAMPAI MARET

1 min read

PERSIAPAN UMROH BULAN JANUARI SAMPAI MARET

Umroh bulan Januari sampai Maret biasa dikenal dengan nama Umroh musim dingin. Meski ngga sampai menemukan salju di tanah suci, suhu udara pada malam hari di sana bisa mencapai minus derajat dan baru sedikit hangat ketika menjelang siang hari. Nah, kamu perlu tahu persiapan umroh bulan Januari sampai Maret ini:

  1. Dari segi pakaian, tentu saja kamu harus menyiapkan pakaian tebal dan hangat serta jaket yang bisa menutupi seluruh tubuh. Jangan lupa gunakan tutup kepala, kaus kaki, dan sarung tangan selama berada di luar ruangan. Kalau kamu ngga tahan dengan udara dingin, usahakan pakai pakaian berlapis atau pakaian dengan bahan yang terbuat dari wol untuk mencegah tubuhmu merasakan udara dingin.
  2. Selalu gunakan lotion atau pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu. Kulit yang mengalami kontak langsung dengan udara dingin yang menyengat bakal bikin kulitmu kering. Selalu olesi tangan dan telapak kaki terutama bagian tumit. Untuk bagian wajah, gunakan lotion khusus buat dioleskan di bagian lubang hidung dan bibir. Ini dilakukan agar mencegah luka karena kekeringan pada bagian wajah, misalnya mimisan.
  3. Minum air yang cukup jadi persiapan umroh bulan Januari sampai Maret yang utama karena bisa mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang pastinya bakal berakibat buruk pada kesehatan, apalagi ketika udara sedang dingin. Selalu bawa tempat minum karena di sekitar Masjidil Haram atau Nabawi disediakan penampungan air zam-zam. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan minuman bersoda karena mempercepat dehidrasi.
  4. Makan ketika waktunya sudah tiba, jangan menunda-nunda. Pemberian makanan resmi dari penyelenggara umroh biasanya disetai keterangan berapa lama makanan tersebut masih bisa dikonsumsi sampai ngga bisa dikonsumsi lagi. Asupan makanan sangat penting buat tubuhmu ketika kondisi cuaca ngga menentu. Jangan lupa juga untuk minum vitamin buat menjaga daya tahan tubuhmu setelah menghabiskan tenaga menjalankan rangkaian ibadah umroh seharian penuh.
  5. Untuk mencegah jemaah kedinginan di luar Masjid, persiapan umroh bulan Januari sampai Maret ini harusnya diatur agar ketika masuk waktu salat Zuhur dan Ashar, jemaah tetap berada di dalam Masjid. Pastikan sudah mengisi perut terlebih dulu, atau mencari waktu setelah salat Ashar untuk makan. Setelah itu jemaah bisa kembali ke dalam Masjid untuk menunggu salat Magrib sampai masuk Isya.
10
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *