Desi Wulandari Buruh teks serabutan

PERLUNYA KESIAPAN MENTAL SAAT UMROH

1 min read

PERLUNYA KESIAPAN MENTAL SAAT UMROH

Setiap perbuatan yang kita lakukan sehari-hari pasti diawali dengan niat. Misalnya saja berangkat sekolah dengan niat belajar dan mencari ilmu, pergi ke kantor dengan niat mencari rezeki yang halal, termasuk pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh. Ketika akan berangkat ibadah umroh atau haji, berniatlah semata-mata hanya karena mengharapkan ridho dan ampunan Allah SWT. Bukan karena ingin mendapat pujian dan pengakuan dari orang sekitar. Nah, salah satu cara agar niat kita dari awal ngga dipengaruhi hal duniawi lainnya yaitu dengan memastikan kesiapan mental saat umroh. Memastikan kesiapan mental ini juga penting dalam membuat diri kita menjadi lebih baik lagi.

 

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu membersihkan diri dari sikap pamer dan sombong yang bisa memengaruhi niat untuk beribadah umroh. Belajarlah untuk ikhlas dalam melakukan setiap pekerjaan sehingga ngga ada lagi rasa ingin mendapat ‘timbal balik’ dari orang lain. Menjalani ibadah umroh bukan hal yang gampang. Perlu menempuh perjalanan yang jauh, melakukan rangkaian ibadah yang cukup menguras tenaga, dan harus dilakukan dengan penuh kekhusyukan. Supaya bisa mendapatkan kesiapan mental saat umroh, kita perlu memperbanyak membaca doa dan zikir supaya selalu mengingat Allah SWT. Selain itu, doa dan zikir juga akan menjauhkan diri dari bahaya dan halangan selama menjalankan ibadah umroh.

 

Kesiapan mental saat umroh juga bisa didapatkan secara spiritual, yaitu melakukan manasik umroh dan menghafalkan doa yang diperlukan selama menjalankan rangkaian ibadah. Selalu ikuti arahan dari pembimbing umroh atau muthawwif. Tanyakan kepadanya apabila ada yang belum dimengerti. Memahami dengan detail setiap proses umroh beserta doa-doanya akan membuat kita menjadi lebih yakin dan percaya diri. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu menyelesaikan tanggung jawab sebelum berangkat umroh. Karena membutuhkan waktu yang ngga sebentar untuk umroh, ada baiknya semua urusan seperti pekerjaan kantor dituntaskan dan menyelesaikan utang yang belum terbayar. Tujuannya supaya kamu ngga terganggu dengan kepentingan duniawi ketika di tanah suci. Bisa menjejakkan kaki di tanah suci jadi kesempatan yang ngga semua orang bisa mendapatkannya. Oleh sebab itu, kalau kamu mendapatkannya, kamu harus memanfaatkan hal tesebut dengan sebaik-baiknya. Kalau ngga ada kesiapan mental saat umroh dilaksanakan, bisa jadi ibadah umroh yang kamu lakukan ngga maksimal dan kesempatan tersebut malah jadi sia-sia.

7
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *