Desi Wulandari Buruh teks serabutan

PASAR NAKASAH, PASARNYA JEMAAH ASAL INDONESIA

1 min read

PASAR NAKASAH, PASARNYA JEMAAH ASAL INDONESIA

Bagi para jemaah asal Indonesia, pastinya ngga asing dengan pasar yang satu ini. Yap, namanya adalah Pasar Nakasah yang tampilannya ngga jauh berbeda dengan pasar tradisonal seperti di Indonesia. Pedagang di Pasar Nasakah ini umumnya berasal dari keturunan Barmawi (sekarang disebut Myanmar) dan sebagian kecilnya berasal dari keturunan Thailand atau orang Mekah biasa menyebutnya Pathoni. Buat para jemaah yang sudah kangen sama masakan khas Indonesia, pasar ini cocok banget didatangi buat mencari bahan makanan dengan selera lidah orang Indonesia. Jemaah bisa mencari mulai dari sayur kangkung, bayam, terong, cabe rawit, bumbu pecel, bahkan sampai terasi beserta cobek untuk bikin sambal.

Bukan cuma sayuran, buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia juga bisa ditemui di sini seperti pisang, pepaya, nangka, dan sirsak. Makanan laut juga banyak tersedia mulai dari ikan lele, ikan gabus, ikan patin, sampai ikan asin. Harganya juga ngga berbeda dengan yang dijual di Indonesia, atau bahkan lebih murah. Misalnya udang ukuran sedang dijual dengan harga 10 Real dan 20 Real untuk udang dengan ukuran agak besar. Kalau sudah masuk musim haji, Pasar Nasakah juga menjual daging kambing dan daging unta. Satu kilo daging unta dijual seharga 15 Real, sedangkan daging ayam dijual hanya seharga 5 Real.

Selain Pasar Nasakah, di sisi timurnya juga terdapat pasar kulakan kopiah yang dibuka setiap hari Rabu pagi. Hal yang paling keren dari pasar ini adalah  kopiah yang dijual merupakan hasil karya dari penjahit asal Indonesia yang kebanyakan berasal dari daerah Lombok, Banjar, dan Madura. Kamu bisa berbangga hati karena karya dari tanah air bisa sampai ke Tanah Suci. Selain kopiah, jemaah juga bisa datang ke pasar grosir abaya yang bersebelahan dengan Pasar Nasakah dan lagi-lagi, pakaian abaya yang dijual di hampir seluruh toko adalah hasil jahitan oleh warga Indonesia. Pasar ini buka setelah waktu salat zuhur sampai jam 12 malam.

Ketika musim haji, Pasar Nasakah ngga cuma ramai didatangi oleh jemaah asal Indonesia, tapi juga jemaah dari berbagai negara. Mereka biasanya berbelanja barang untuk dijadikan oleh-oleh atau sebagai kebutuhan sehari-hari. Nah, jemaah haji Indonesia bisa datang ke Pasar Nasakah untuk mencari bahan makanan yang dirindukan saat sedang di Tanah Suci.

 


image: viva.co.id

3
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *