Salsabila A a wanderer and a writer

PANDEMI MASIH BERLANJUT, GIMANA KABAR HAJI 2020?

1 min read

PANDEMI MASIH BERLANJUT, GIMANA KABAR HAJI 2020?

Musibah pandemi virus Corona yang tak kunjung usai, bukan hanya berdampak pada kehidupan kita sehari-hari, namun juga perjalanan umroh dan haji di tahun 2020. Hal ini tentu membuat banyak calon jamaah atau yang merencanakan perjalanan ke Tanah Suci di tahun ini jadi harap-harap cemas, mengingat pemerintah Arab Saudi belum memberikan kabar pasti tentang dibukanya kembali perjalanan umroh atau haji dalam waktu dekat. 

Lalu, bagaimana kabar haji 2020? Apakah ibadah haji bisa tetap dilakukan? Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 masih menunggu keputusan dari pihak Arab Saudi hingga maksimal tanggal 20 Mei 2020 mendatang. 

“Kami mengusulkan batas waktu terakhir menunggu kepastian terakhir dari Saudi pada 20 Mei 2020 atau pada akhir Ramadan 1441 Hijriah,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengutip dari laman ihram.co.id.

Usulan tanggal batas waktu ini diperlukan sebagai dasar pemerintah dalam memperhitungkan waktu untuk persiapan pembukaan layanan haji di tengah pandemi. Sebagai bentuk antisipasi, pihak Kemenag menyebutkan ada dua skenario yang telah disiapkan terkait kepastian haji tahun 2020.

1. Kuota Haji Dipangkas Hingga 50%

Jika ibadah haji masih tetap dilaksanakan di tahun ini, maka direncanakan akan ada pemotongan kuota jamaah hingga 50?mi menerapkan aturan jaga jarak. Penentuan jamaah ini tentu akan melalui seleksi yang sangat ketat, sesuai dengan persyaratan dari komisi haji dan pemerintah Saudi. 

2. Tidak Jadi Dilaksanakan

Skenario kedua adalah ibadah haji tahun 2020 yang tidak jadi dilaksanakan. Hal ini mempertimbangkan keputusan dari Arab Saudi untuk menutup akses jamaah ke Tanah Suci dari negara lain, termasuk Indonesia, demi menekan angka penyebaran virus corona.

Lalu, skenario mana yang akan dipilih? Wallahualam bishawab. Apapun keputusan yang akan keluar nantinya, InsyaAllah semoga menjadi keputusan yang terbaik untuk semua ya.  

image: REUTERS/Yasser Bakhsh

15
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *