MASJID QUBA DIDIRIKAN ATAS DASAR KETAQWAAN

1 min read

MASJID QUBA DIDIRIKAN ATAS DASAR KETAQWAAN

Sayang sekali kalau kita datang ke Madinah tapi tidak mengunjungi masjid yang memiliki sejarah dalam islam, sebab ketika kita mengunjungi tempat bersejarah, kita bisa mengenang bagaimana semangat dan niat yang kuat orang orang terdahulu dalam menegakkan syiar agama Allah ini.

 

Memang semua masjid yang berada di Makkah, Madinah, dan Palestina selalu istimewa bagi umat Islam. Masjid-masjid ini punya nilai yang tinggi dalam sejarah peradaban Islam. Begitupun dengan masjid Quba. kalau kita lihat dari sejarahnya, Masjid Quba punya nilai historis yang sangat tinggi.  Karena Masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW, peletakkan batu pertama yang dilakukan oleh Rasulullah di tempat kiblatnya ini menjadikan awal momentum adanya kebersamaan

 

Masjid Quba ini dibangun pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Lokasinya berada di sebelah tenggara Kota Madinah, lima kilometer di luarnya. Dulu, masjid ini dibangun dengan bahan yang sangat sederhana. Seiring berjalannya waktu, renovasi banyak dilakukan Kerajaan Arab Saudi. 

 

Masjid ini memiliki 19 pintu. Dari 19 pintu itu terdapat tiga pintu utama dan 16 pintu. Tiga pintu utama berdaun pintu besar dan ini menjadi tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Diseberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar

 

Ketika pembangunan Masjid ini selesai, Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam mengimami shalat selama 20 hari. Semasa hidupnya, lelaki yang dijuluki Al-Amin ini selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam wafat, para sahabat menziarahi masjid ini dan melakukan salat di sana.( HR. Bukhari no. 1117 , HR. Muslim no. 2478)

 

Jikalau kita ingin berziarah ke Masjid Quba ini sebaiknya mengambil wudhu saat di hotel atau penginapan, syukur syukur kalau kita bisa datang pagi hari maka kita bisa melaksanakan sholat Dhuha di masjid tersebut. Mengingat antrian di tempat wudhu terkadang begitu ramai. Selain itu kan enak jika datang langsung masuk masjid untuk menghemat waktu dan berdoa disana. Karena didalam Al quran masjid ini dibangun atas dasar ketaqwaan, semoga aja jika kita beribadah didalamnya maka akan digolongkan sebagai orang orang yang bertaqwa di hadapan Allah.

 

Disebutkan dalam sebuah Hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)

 

Oya kalau kita berjalan dari tempat parkiran bis menuju Masjid, kita akan temui para pedagang asongan, mulai dari penjual tasbih sampai parfum serta pernak pernik hiasan menghamparkan dagangannya di atas trotoar tempat parkiran bis dan mobil. Asal kita pandai menawar harganya bisa jadi lebih murah. 

 

Bagi kita yang hobby selfi, halaman masjid ini juga bisa dipakai untuk selfi, karena bangunan Masjid Quba ini sangat begitu indah dan kokoh, dengan 4 menara yang menjulang tinggi. Apalagi jika kita mengambil gambar dari jalanan sebelah masjid Quba. Maka sisi samping masjid akan jadi latar photo. Sekalian syiar dengan photo tersebut juga bisa memancing keinginan teman teman kita agar mau melaksanakann Umroh.

16
amandameta