Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

LAKUKAN TIPS INI KALAU INGIN BERHAJI TANPA SAKIT

1 min read

LAKUKAN TIPS  INI KALAU INGIN BERHAJI TANPA SAKIT

Memang yang seringkali dikhawatirkan oleh orang-orang yang akan pergi haji adalah mengenai kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memang sering sakit atau daya tahan tubuhnya rendah. Saat di Indonesia saja yang cuacanya masih lumayan enak sering sakit, apalagi kalau di tanah suci dengan cuaca ekstrim. Mungkin seperti itulah  yang dipikirkan oleh para calon jamaah haji. Apa dan bagaimana nantinya kamu di tanah suci adalah kuasa Allah SWT, tapi sebagai manusia kita harus senantiasa berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu, kamu bisa lakukan hal-hal ini kalau kamu ingin berhaji tanpa sakit.

1. Lakukan check-up

Melakukan cek kesehatan sudah menjadi prosedur haji. Namun, kamu bisa lebih rutin lagi melakukan check-up sebelum keberangkatan. Terus pantau kondisi kesehatanmu supaya kita tahu bagaimana mengatasi masalahnya kalau ada.

2. Periksa kehamilan

Ini khusus untuk jamaah wanita. Sebelum berangkat haji, periksalah apakah kamu sedang hamil atau tidak. Tenang, ibu hamil boleh kok berangkat haji. Tapi, pastinya punya persiapan khusus kan? Dengan mengetahui apakah kamu sedang hamil atau tidak, maka nantinya kamu bisa mengerti bagaimana persiapan yang harusnya dilakukan sebelum berngkat haji. Begitu juga bagi kamu yang sedang hamil. Konsultasikanlah ke dokter tentang apakah kondisi kehamilan kamu memungkinkan untuk berangkat haji.

3. Minta resep dokter dan saran lainnya

Baik saat check-up maupun pemeriksaan kehamilan, jangan lupa juga minta resep obat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Jangan sampai lupa bawa obatnya saat berangkat haji ya supaya kamu bisa berhaji tanpa sakit. Selain itu, tanyakan juga tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang akan mempengaruhi kesehatan. Termasuk makanan apa yang sebaiknya dihindari, serta berbagai saran lain yang diperlukan.

4. Jika punya riwayat penyakit laporkan ke petugas, jangan sampai diam saja atau malah menutupi

Dengan melaporkan kepada petugas, maka membuat mereka tahu sehingga saat di tanah suci kamu bisa mendapatkan perhatian lebih. Kondisi kesehatanmu akan terus dipantau oleh para petugas.

5. Jauh hari membiasakan diri berolahraga

Kalau sudah tahu kapan jadwal keberangkatanmu, maka segera siapkan fisik. Jika biasanya rencana olahraga cuma jadi wacana. Kali ini rencana olahragamu harus benar-benar dilaksanakan. Kamu bisa memilih olahraga seperti aerobic, jogging, bahkan jalan kaki saja. Asalkan rutin, maka olahraga-olahraga sederhana bisa menjadi sangat bermanfaat. Olahraga bisa kamu lakukan minimal seminggu sekali agar tubuh selalu bugar hingga berangkat ke tanah suci dan pulang dengan sehat walafiat juga.

6. Membawa vitamin

Terakhir, kamu harus menyiapkan dan membawa vitamin. Bisa pilih vitamin yang sudah biasa kamu konsumsi atau bisa juga sekalian Tanya ke dokter tentang rekomendasi vitamin untuk haji darinya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan kalau ingin berhaji tanpa sakit. Semoga usaha kerasmu juga membuahkan hasil yang bagus ya… Berangkat haji bugar, pulang tetap sehat..

 


image source: Pixabay

8
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *