Salsabila A a wanderer and a writer

KEMENAG CABUT IZIN 11 LEMBAGA UMROH, INI ALASANNYA

1 min read

KEMENAG CABUT IZIN 11 LEMBAGA UMROH, INI ALASANNYA

Perjalanan ibadah ke Tanah Suci, tentu akan lebih afdol di dukung oleh penyelenggara atau travel yang bisa memberikan kenyamanan dan kepastian. Nah, untuk bisa mendapatkan ini salah satu tipsnya adalah memastikan kalau lembaga penyelenggara yang kita pilih sudah tercatat di Kementerian Agama. Kalau sudah tercatat, maka itu berarti sudah berada di bawah pengawasan pemerintah, dan tentunya jadi lebih terjamin keamanannya.

Masih ingat kan kasus jamaah yang gagal berangkat karena agen yang bodong? Jangan sampai ini juga terjadi lagi. Untuk itu, ketika merencanakan perjalanan umroh baiknya cek dulu di Kementerian Agama ya, apakah lembaga yang kamu pilih sudah tercatat di sana atau belum untuk memastikannya. 

Melansir dari Media Indonesia, di awal tahun 2020 ini ada 11 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh atau PPIU yang dicabut izinnya oleh Kementerian Agama. Dengan dicabutnya izin operasional ini, dengan kata lain PPIU tersebut sudah tidak bisa lagi menyediakan layanan perjalanan ibadah umroh bagi masyarakat. 

Memangnya, apasih alasannya? Hal ini karena PPIU yang bersangkutan tidak melakukan sertifikasi sebagai Biro Perjalanan Wisata atau BPW. Padahal, sertifikasi ini penting banget untuk PPIU yang juga sudah diatur di PMA No 8 Tahun 2018. 

Jadi, PPIU mana aja sih yang dicabut izin operasionalnya? Berikut daftarnya: 

1. PT. Madani Mitra Mulia

2. PT. Kayangan Mandiri Utama

3. PT. Witami Prabuana Cipta

4. PT. Arhas Bugis Tour & Travel

5. PT. Arthayu Jeanan Lintasbuana

6. PT. Alharam Wisata Illah

7. PT. Hijau Tumbuh Kembang

8. PT. Fahmul Fauzy

9. PT. Kalam Imran Farok Tours

10. PT. Praba Arta Buana Utama  

11. PT. Fatuha Amanah Wisata Insani 

 


image: istock

10
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *