Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

KECIL TAPI PENTING! INI DAFTAR BARANG BAWAAN JAMAAH YANG SERING DILUPAKAN

1 min read

KECIL TAPI PENTING! INI DAFTAR BARANG BAWAAN JAMAAH YANG SERING DILUPAKAN

Persiapan perbekalan jadi salah satu hal yang bikin riweh calon jamaah haji sebelum keberangkatan. Mulai dari perbekalan yang besar seperti koper haji, baju ganti, tas pinggang dan lain-lain sampai perbekalan yang kecil-kecil ukurannya. Nah, seringkali bekal perlengkapan yang ukurannya kecil ini dilupakan karena kita terlalu fokus pada bekal yang ukurannya besar-besar. Padahal, biar kecil tapi penting juga, kan. Berikut beberapa benda kecil yang penting dibawa saat melaksanakan ibadah haji.

 

1. Gunting Kecil

Gunting ini berguna banget ketika tahalul alias menggunting rambut setelah selesai sai. Penting banget buat membawa sendiri gunting dari rumah. Daripada gantian sama jamaah lain kan pasti lama, ya. Tips membawa gunting kecil adalah dimasukkan ke dalam koper bagasi bukannya kabin. Kalau gunting ini ada dalam kabin, bakal terkena sensor detektor logam di bandara dan disita pihak imigrasi.

 

2. Gunting Kuku

Kalau kita nggak sempat memotong kuku sebelum berangkat haji, solusinya adalah membawa sendiri gunting kuku. Memang sih, mungkin alat satu ini nggak akan diperlukan kalau kuku kita udah dipotong pendek. Tapi jaga-jaga apa salahnya, kan.

 

3. Cukuran Jenggot

Khusus kaum pria, penting banget nih bawa cukuran jenggot. Apalagi buat kaum Adam yang punya jenggot serta kumis cukup lebat. Benda kecil tapi penting ini akan jadi penyelamat saat ingin tampil rapi dan eksis selama beribadah.

 

4. Tali Tambang

Hah? Buat apa haji bawa-bawa tali tambang?? Eits, jangan salah, tali tambang ini banyak banget gunanya! Kita bisa memakainya buat menjemur pakaian karena nggak semua maktab atau pemondokan haji menyediakan jemuran buat para jamaah. Tali juga bisa dipakai buat mengikat koper ketika hendak pulang ke tanah air. Pasalnya, sudah jadi kebiasaan kalau koper haji segede gaban itu bakal makin menggemuk saat pulang. Isinya oleh-oleh buat orang sekampung!

 

5. Obat Warung

Obat flu, sakit kepala dan masuk angin ini dibutuhkan banget buat jamaah haji. Cuaca dan suhu di Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia kadang bikin kita sulit beradaptasi dan membuat penyakit-penyakit ringan datang menghampiri. Bawa obat warung yang biasa dikonsumsi kalau kita menderita flu, sakit kepala, masuk angin atau penyakit ringan lainnya.

 

6. Kaos Kaki

Benda kecil tapi penting terakhir yang wajib dibawa tiap jamaah haji adalah kaos kaki! Apalagi ketika musim dingin tiba dan suhu di sana akan jauh lebih dingin dari suhu yang bisa kita toleransi sehari-hari di Indonesia.  Kaos kaki tebal plus sarung tangan ini perlu banget biar kita nggak menggigil kedingingan dan membuat ibadah terganggu. Pakai ketika tidur dan dalam perjalanan menuju masjid, ya.

 

3
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *