KANDUNGAN DIBALIK TALBIYAH

1 min read

KANDUNGAN DIBALIK TALBIYAH

Tergetar hati saat kita mendengar gemuruh ucapan Talbiyah yang keluar dari orang orang yang sedang mengenakan pakaian Ihrom, gemuruh kalimat Talbiyah yang dikumandangkan dengan pakaian serba putih ini terdengar menyejukkan hati karena memiliki irama yang indah, seakan ungkapan ini sebuah perlambang ungkapan hati yang lama terpendam kepada Sang Pencipta. 

 

Talbiyah adalah lambang Tauhid dan Pengesaan kepada Allah Swt dan juga sebagai pemersatu akidah dan pemikiran umat Islam. Sebab dengan bertalbiyah seorang tersebut berusaha untuk menunjukkan tentang hakikat keberadaannya di dunia dan akhirat.

 

Labbaik kupenuhi panggilanMu dengan kecintaan yang sejati  dan ketulusan demi RidhoMu, ungkapan talbiyah ini adalah lambang keikhlasan kita kepada Allah, kita memenuhi panggilan Allah dengan seruan yang telah dikumandangkan Nabi Ibrohim  saat menerima wahyu dari Allah.

 

Didalam kalimat Talbiyah ini merupakan ikrar tauhid yang menghubungkan seluruh amal baik kita dan pahala akhirat yang sangat besar, yang tidak tertandingi oleh balasan apapun di dunia ini. Ikrar tauhid ini juga sebenarnya bisa membentuk kita agar memiliki akhlak yang baik, ikhlas dalam beramal dan amanah dalam kepercayaan, karena kita merasa selalu diawasi oleh Zat Yang Maha Melihat.

 

Ikrar tauhid yang terkandung dalam Talbiyah ini juga menjadikan kita sadar bahwa petunjuk Allah dan RosulNya adalah sebaik baiknya petunjuk dalam hidup dan kehidupan ini. Karena hanya petunjuk Allah lah yang bisa mengantarkan kita menuju kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Juga mengantarkan kita kepada ketentraman dan ketenangan hati dan jiwa ditengah masalah dan problematika kehidupan yang dihadapi.

 

Orang yang melaksanakan  ibadah Haji akan selalu meninggikan suaranya setiap melantunkan kalimat Talbiyah, namun tidak ada yang merasa tersakiti dengan kerasnya suara tersebut. Baik saat berjalan menuju Masjidil Haram, maupun saat ibadah Sai, Sungguh ini fenomena yang sangat luar biasa, yang jarang direnungkan oleh kita.

 

Talbiyah adalah syiar Haji dan Umroh, oleh sebab itu lantunan kalimat Talbiyah ini sangat utama dilakukan oleh jamaah Haji atau Umroh baik laki laki maupun kaum perempuan, selain itu inti dari kalimat Talbiyah ini adalah memenuhi panggilan Allah Swt, menepati janji bahwa setelah diberi rezeki kita punya kewajiban untuk berhaji dan Umroh, juga sumpah setia bahwa kita akan menjalani apa saja petunjuk dan larangan yang ada didalam Al quran dan Hadist dengan segenap jiwa, harta dan raga.

 

Kalau saja bisa merenungi kalimat Talbiyah yang diucapkan oleh jamaah Haji dan Umroh, apalagi sampai kita yang mengucapkannya, maka niscaya tetesan air mata akan terus mengalir membasahi pipi kita karena rasa haru dan bahagia sebab kita mampu memenuhi panggilan Allah Swt. 

 

Kesempatan yang sangat langka ditengah harapan banyak umat Islam ini seharusnya membuat hati kita jadi semakin kuat dalam mempertahankan keimanan dan keislaman kita. Panggilan Allah ini hanya untuk hamba hamba terpilih dan kita adalah salah satunya.

12
amandameta