KAMAR BAROKAH

1 min read

KAMAR BAROKAH

Mendengar istilah kamar Barokah bagi jamaah Haji yang baru pertama kali berangkat ke tanah suci mungkin agak membingungkan, sebab biasanya istilah Barokah itu didengar dalam hidangan upacara keagamaan atau jika minta doa kepada tokoh agama atau ulama.

 

Sebenarnya isitlah kamar Barokah yang sering kita dengar saat melaksanakan ibadah Haji adalah kamar khusus yang disediakan oleh pemilik Makatab haji atau pemondokan untuk para pasangan suami istri yang telah menyelesaikan pelaksanaan ibadah Haji

 

Umumnya bagi mereka yang telah menyelesaikan wukuf di padang Arafah dan mabit di Mina, karena itulah akhir pelaksanaan ibadah Haji. Pemilik makatab haji memang terkadang ada yang menyediakan beberapa kamar kosong untuk keperluan sementara pasangan suami istri tersebut. Mereka menyewakan kepada pasangan suami istri dengan kisaran harga 10 sampai 20 Riyal Saudi untuk beberapa jam nya.

 

Bagi jamaah Haji yang membawa istri tentu ada juga yang memanfaatkan sewaan kamar Barokah ini, apalagi para pengantin baru atau yang masih muda belia, sebab selama di tanah suci Makkah maupun Madinah, kamar mereka terpisah dengan pasangannya, hal ini dikarenakan peraturan Maktab menentukan kamar laki laki dan perempuan harus terpisah alias tidak boleh bercampur dalam satu kamar walaupun mereka pasangan suami istri. Mungkin untuk menghindari batalnya ibadah.

 

Letak kamar Barokah ini biasanya di lantai yang paling atas atau bersebelahan dengan kamar karyawan maktab. Tidak ada yang beda dengan kamar yang ditempati oleh para jamaah Haji, namun kamar ini memang sengaja dikosongkan untuk para karyawan. Tempat tidur nya pun sama yaitu hanya untuk satu orang, dilengkapi dengan penyejuk ruangan.

 

Dinamakan kamar ini Barokah karena orang arab meyakini apabila suami istri melakukan hubungan di tanah suci pasti banyak keberkahannya atau kebaikannya. Padahal sih tidak seperti itu. Keberkahan itu bukan terletak pada tempat melakukan hubungan suami istri. Akan tetapi keberkahan dalam rumah tangga itu terletak pada kewajiban dan hak yang ditunaikan oleh masing masing pasangan tersebut.

 

Artinya saat suami dan istri itu menjalani undang undang rumah tangga yang diatur oleh agama Islam, maka disitulah letak keberkahan yang sesungguhnya. Adapun tempat melakukan hubungan suami istri di tanah suci, sebenarnya tidak ada satupun dalil yang menyebutkan ada keberkahan.

 

Jadi hubungan suami istri ang dilakukan di kamar Barokah pada musim Haji tersebut tidak lebih seperti rasa rindu syahwat yang memang diperbolehkan oleh syariat. Dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan keberkahan.  Mau mencoba boleh dan tidak juga, tidak mengapa.

 

Keberadaan kamar Barokah ini tidak semua jamaah yang mengetahui, dan juga tidak semua Maktab Haji yang menyediakannya, namun bagi kita yang mau mencoba jasa sewa kamar Barokah ini, sebaiknya menghubungi kepala rombongan atau petugas yang mengurus Maktab.

24
amandameta