Desi Wulandari Buruh teks serabutan

IBADAH HAJI 2020 INDONESIA RESMI DIBATALKAN

1 min read

IBADAH HAJI 2020 INDONESIA RESMI DIBATALKAN

Pelaksanaan ibadah haji 2020 resmi ditiadakan terkait dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda, baik di Tanah Air maupun Arab Saudi. Kementerian Agama telah berkomunikasi dengan MUI dan Komisi VIII mengenai pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2020 dan disampaikan Menag Facrul Razi dalam konferensi pers virtual. Indonesia sendiri mendapatkan kuota haji untuk 221.000 orang, terdiri dari 203.320 kuota haji 2020 reguler dan 17.680 kuota haji khusus.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga telah menegaskan larangan umrah masih berlaku sejak akhir Februari sampai pemberitahuan lebih lanjut, meski pelonggaran lockdown mulai diterapkan. Berdasarkan data Johns Hopkins University per Selasa (2/6), jumlah pasien positif Covid-19 di Arab Saudi sebanyak 87.142 orang dan korban meninggal tercatat 525 orang dikutip dari Kumparan.com.

Ketua MUI Bidang Fatwa Prof Huzaemah Y Tanggo menjelaskan keputusan pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2020 sudah sesuai dengan kaidah fiqih untuk kemaslahatan jamaah haji di tengah pandemic Covid-19. Meski ibadah haji adlaah kewajiban bagi seorang muslim yang telah mampu, tapi saat ini terpaksa tidak dilaksanakan demi menghindari meluasnya penyebaran virus.

Ada beberapa opsi untuk tetap memberangkatkan jamaah haji 2020, seperti membatasi jumlah jamaah yang akan berangkat dan melakukan protokol kesehatan menjaga jarak antar jamaah haji. Namun, hal itu juga tentunya masih berisiko karena bukan hanya jamaah dari Indonesia saja yang datang. Opsi tersebut juga harus menanti keputusan dari pemerintah Arab Saudi demi keselamatan jamaah selama pelaksanaan ibadah haji dan terlebih setelah kembali ke negara masing-masing.

Image Source: Republik.co.id

14
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *