HATI HATI MEROKOK DI TANAH SUCI

1 min read

HATI HATI MEROKOK DI TANAH SUCI

Memang bagi pecandu berat rokok, tidak pernah mengenal tempat dan waktu. Sampai di tanah suci pun selalu asyik pas pus asap rokok. Padahal sudah terpampang tulisan besar disudut kota Makkah, dilarang merokok dengan berbagai bahasa dunia.

 

Walaupun dikenai sanksi justru orang yang menjual rokok di sekitar Masjid Nabawi atau Masjidil Haram dalam radius 5 km. tapi tetap aja main kucing kucingan selalu ada dimana aja. padahal mereka yang tertangkap memperdagangkan rokok didenda RS 10 ribu atau setara dengan Rp32 juta. Maka di airport Jeddah pihak Bea Cukai Bandara dengan ketat menyita rokok yang dibawa oleh jamaah haji apalagi kalau jumlahnya lebih banyak dari kebutuhan selama tinggal di tanah suci

 

Kerajaan Saudi Arabia sepertinya sangat geram dengan bisnis rokok yang sembunyi sembunyin ini, maka Kerajaan sampai memberikan denda dan sanksi kepada pedagang rokok di Makkah dan Madinah, denda yang tinggi tersebut sengaja dibuat agar penjualnya bangkrut, sehingga tidak berdagang rokok lagi. 

 

Memang membeli rokok seperti membeli narkoba di tanah air, sembunyi-sembunyi. Kalaupun menemukan, harganya 3 kali lipat dibandingkan harga di Indonesia. Rokok di Tanah Suci (Makkah dan Madinah) saat musim haji ternyata sama statusnya dengan tempat hiburan malam (THM) beserta wanita penghibur dan miras saat bulan Ramadhan di Tanah Air. Sebagai tempat dan barang haram yang harus ditutup, dirazia/gerebek dan diberangus.

 

Mufti besar kerajaan Arab Saudi, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Al Syaikh, meminta semua jemaah haji untuk tidak merokok di sekitar Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan tempat suci lainnya. Pernah ada kejadian jamaah haji merokok di sembarang tempat sesampainya di Tanah Suci. Denda akibat tertangkap merokok secara sembarangan mencapai 200 real atau senilai sekitar Rp500.000

Jadi bagi kita pecandu rokok ada baiknya mulai berfikir untuk menghentikan kebiasaan rokok saat Haji atau Umroh, bisa aja momentum Haji atau Umroh dijadikan sebagai semangat untuk berhenti merokok. Mungkin ada beberapat tips supaya berhenti merokok di tanah suci :

 

1. Bawalah permen banyak banyak, jadi kalau ada keinginan merokok kita bisa mengunyah permen

 

2. Perbanyak minum air Zamzam, karena air Zamzam ini adalah obat maka ketika kita meminumnya, cobalah sambil bermunajat kepada Allah agar bs berhenti dari kebiasaan merokok

 

3. Perbanyak membaca Al quran atau berzikir, karena jika mulut kita disibukkan dengan lantunan zikir Insya Allah ini akan membantu niat berhenti dari kebiasaan merokok.

 

4. Jangan dekati teman yang perokok, karena ini akan membuat kita jadi ingin kembali merokok.

 

5. Niat yang kuat, sebab tanpa niat yang kuat segala sesuatu akan mustahil berhasil.

 

Mudah mudahan dengan Haji dan Umroh bisa jadi momentum untuk berhenti dari kebiasaan merokok, dengan semangat kita pasti bisa, Insya Allah kita akan bisa. Jadikan haji dan umroh disebut-sebut sebagai sarana ideal untuk berhenti merokok. Sebab, dua tempat suci yang menjadi tujuan jamaah, Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah) merupakan kawasan dilarang merokok. 

16
amandameta