Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

HAJI TERANCAM BATAL KARENA CORONA, BERIKUT TIPS YANG BISA DILAKUKAN

1 min read

HAJI TERANCAM BATAL KARENA CORONA, BERIKUT TIPS YANG BISA DILAKUKAN

Wabah penyakit yang saat ini mendunia, yaitu menjangkitnya virus corona atau dikenal sebagai covid-19, merupakan musibah dan keprihatinan kita semua. Ratusan ribu orang menjadi korban, bahkan sekarang pun setiap orang di himbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, termasuk untuk beribadah. Bukan hanya membuat beberapa masjid yang harus ditutup dari pelaksanaan jumat dan sholat lima waktu, bahkan jamaah umroh dan haji pun harus terkena imbas dari virus yang mengganas ini karena ditutupnya akses ke tanah suci. Lalu, bagaimana dengan jamaah yang "terlanjur" memiliki jadwal keberangkatan ibadah haji di tahun ini? 

Hingga saat ini, pihak Kerajaan Arab Saudi belum bisa memutuskan apakah haji tahun ini diselenggarakan atau tidak karena masih menunggu perkembangan penyebaran dan solusi mengatasi virus covid 19. 

Perjuangan untuk bisa pergi haji tentu tidaklah mudah, tetapi ketika ketetapan Allah sudah tertuliskan, maka yang bisa kita lakukan adalah berusaha ikhlas dan terus berdoa. Untuk itu, bagi para jamaah haji yang masih belum mendapat kepastian hingga saat ini, juga bagi jamaah umroh yang dengan berat hati akhirnya batal pergi ke tanah suci, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 

Kembalikan Semua pada Allah 

Allah yang telah menciptakan semua makhluk-Nya, baik yang besar maupun yang kecil, yang terlihat maupun tidak kelihatan oleh mata. Sebagaimana firman Allah Swt : “Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” (Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali). (QS Al-Baqarah156).

Bahwa Allah mengetahui, bukan hanya mengetahui, tapi Maha Mengetahui, semua yang ada dan terjadi di daratan dan di tempat-tempat sepi tersembunyi sekalipun, yang mencakup binatang, pepohonan, pasir kerikil, dan debu, termasuk bakteri dan virus. Juga segala hewan yang berada di laut, berupa binatang, tambang, ikan, dan lain-lain yang dikandungi oleh airnya. InsyaAllah ketika kita sudah berikhtiar dan mengembalikan semua keputusan hanya pada Allah, kita tidak akan sekalipun pernah dikecewakan.

Perbanyak Dzikir, Mengingat Allah

Semua musibah ini adalah bukti keagungan Allah Yang Maha Besar dan keluasan-Nya dalam seluruh sifat-sifat-Nya. Maka jika seluruh mahkluk dari yang pertama sampai terakhir bersatu untuk mengetahui sebagian dari sifat-sifat-Nya, niscaya mereka tidak memiliki daya dan kekuatan untuk itu. Maka, janganlah lupa untuk selalu memperbanyak mengucapkan, kalimat pujian, “Subhaanallaah, walhamdulillaah, walaailaaha illaah, Allaahu Akbar."

Momen Introspeksi Diri, dan Persiapan Diri yang Lebih Baik 

Calon tamu Allah seyogyanya banyak menginstropeksi diri, sebab bisa jadi setiap musibah, termasuk wabah virus corona, terjadi karena ulah tangan manusia. Ulah perilaku berlebihan, tidak menjaga kebersihan, ceroboh, dan sejenisnya. Dan Allah pun telah mengingatkan manusia di dalam ayatNya: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS Ar-Ruum 41).

Dengan adanya waktu "jeda" gara-gara corona seperti saat ini, anggaplah sebagai waktu tambahan untuk kita menambah keimanan dan ketaqwaan, serta persiapan diri tambahan secara lahir maupun batin, sebelum insyaAllah waktu untuk berkunjung ke tanah suci tiba kemudian. Jadi, jangan lupa untuk selalu berkhusnudzon pada ketetapan Allah ya. 

 


image: bbc.com

9
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *