Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

DERETAN MASJID BERNILAI HISTORIS DI TANAH SUCI

1 min read

 DERETAN MASJID BERNILAI HISTORIS DI TANAH SUCI

Menyambangi Tanah Suci tentu adalah kenikmatan ibadah yang luar biasa. Kita akan dapat merasakan suasana ibadah yang khusyu, lebih dekat dengan Sang Pencipta dan dijamin mendapat pahala berlipat ganda. Nah, selagi berada di Mekkah, nggak ada salahnya kita melipir bentar buat plesiran. Salah satunya adalah mengunjungi deretan masjid bernilai historis yang ada di Mekkah dan Madinah. Apa aja sih masjid-masjid yang dimaksud? Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Masjid Al Jin

Pertama ada Masjid Al Jin atau biasa disebut juga Masjid Jin. Lokasinya ada di kawasan Ghazza, distrik Mala, sekitar 1 km dari Masjidil Haram. Ini bukan Gaza yang di Palestina itu, ya! Nama masjid ini konon diambil dari sesosok jin yang tertarik akan suara merdu Nabi Muhammad saat melantunkan ayat suci Al Quran di masjid tersebut. Jin itu kemudian berdialog dengan Nabi dan memutuskan masuk Islam. Namanya doang sih yang horor, aslinya masjid ini punya nilai historis tinggi.

 

2. Masjid Namirah

Kedua ada Masjid Namirah yang ada di perbatasan Arafah dan Al Haram. Di tempat inilah dulu Nabi Muhammad mendirikan sholat sebelum wukuf di Arafah mengingat lokasinya berdekatan. Nabi Muhammad juga pernah lho khutbah di sini. Bekas khutbah Nabi kemudian dibangun menjadi masjid di pertengahan abad ke-2 oleh penguasa Abasiyah. Jadilah Masjid Namirah yang namanya diambil dari sebuah bukit di sebelah barat masjid, Bukit Namirah.

 

3. Masjid Ji’ranah

Masjid bernilai historis selanjutnya adalah Masjid Ji’ranah atau biasa juga disebut Masjid Ju’ranah di Mekkah. Lokasi persisnya ada di perbatasan kota Haram, tepatnya dari selatan Mekkah ke arah Thaif. Biasanya, masjid ini digunakan masyarakat Mekkah dalam melakukan ihrom saat umroh maupun haji. Di masjid inilah Rasulullah singgakh sepulang dari perang Hunain. Di sini juga, Rasulullah membagikan harta rampasan perang serta berihrom saat melakukan umroh yang ketiga.

 

4. Masjid Al Ijabah

Masjid satu ini memang ukurannya kecil, tapi masjid inilah yang jadi saksi bisu kecintaan Rasululah pada ummatnya. Rasulullah memanjatkan tiga doa pada Allah di mana dua di antaranya dikabulkan dan satu sisanya tidak. Doa yang dikabulkan itu adalah agar umat Rasul tidak dibinasakan lewat kekeringan serta kelaparan dan doa kedua adalah agar umat Rasul tidak dibinasakan dengan cara ditenggelamkan. Sementara doa terakhir yang tidak dikabulkan adalah supaya tidak ada fitnah dan perbedaan di antara umat.


 


image: https://hajjumrahplanner.com

8
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *