Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

BUKAN HANYA MASJID NABAWI, INI 4 MASJID BERSEJARAH DI MADINAH

1 min read

BUKAN HANYA MASJID NABAWI, INI 4 MASJID BERSEJARAH DI MADINAH

Saat melangkahkan kaki di Masjid Nabawi kota Madinah, terlihat betapa megah dan indahnya masjid tersebut, apalagi jika dilihat pada malam hari. Dengan lampu lampu dan arsitek khas timur tengahnya, nampak Masjid Nabawi bagaikan kilauan emas dari kejauhan yang berada di tengah gurun pasir nan tandus.

Namun ternyata Masjid Nabawi bukan satu satunya masjid yang ada di kota hijrahnya Rasulullah shalallahualaihi wassalam, namun banyak juga masjid masjid kecil berada sangat dekat dengan Masjid Nabi ini. Di antaranya adalah:

1. Imam Bukhari

Tidak umat Islam yang tak mengenal nama Imam Bukhari, yang hadist nya dipakai sebagai rujukan sebagian besar umat Islam dunia. Disebutkan didalam sejarah ternyata pada zamannya dahulu, Imam Besar Bukhari mengumpulkan hadist-hadist Rasulullah Saw di rumahnya yang kemudian dijadikan masjid. Masjid Imam Bukhari ini bisa dijangkau oleh jamaah dengan berjalan kaki dari Pintu 26 lalu lurus ke arah Al Haram Hotel, ke kanan, kemudian ke kiri dan tidak jauh akan melihat Masjid Imam Bukhari. Masjid ini merupakan masjid yang berada dekat dengan Masjid Nabawi dan masih digunakan untuk melakukan ibadah sholat. Tidak hanya memiliki bentuk bangunan yang apik, tapi juga jadi tempat yang adem dan nyaman bagi para jamaah yang singgah.

2. Masjid Ali bin Abi Thalib

Masjid Ali bin Abi Thalib ini tidak jauh dari Masjid Nabawi. Lokasinya tidak jauh dari pintu nomor 7 Masjid Nabawi. Masjid ini menyimpan sejarah yang tak terlupakan, sebab dahulu Rasulullah pernah melaksanakan sholat Ied berjamaah di masjid ini. Namun sekarang, masjid ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai masjid untuk sholat, tetapi sudah dijadikan sebagai monumen saja oleh kerajaan Arab Saudi.

3. Masjid Ghamamah

Ghamamah dalam bahasa Indonesia berarti mendung. Masjid ini dinamakan mendung karena dahulu Rasulullah pernah sholat Ied di area ini, dan selama sholat Ied berlangsung, ada awan mendung yang selalu berada di atas area masjid ini. Lokasi masjid ini jika dari Masjid Nabawi, keluar ke arah kiblat kemudian jalan lurus dan akan melihat alun-alun. Lokasi masjid ini tidak jauh dari alun-alun tersebut. Tetapi sayangnya, masih ditemukan beberapa orang yang melakukan sholat di Masjid Ghamamah dan menghadap ke masjid tersebut, bukannya menghadap ke arah kabah.

4. Masjid Abu Bakar

Masjid ini memang berukuran tidak terlalu besar tetapi bentuknya cukup menarik. Sama seperti masjid lainnya, Rasulullah dahulu kala juga pernah melaksanakan sholat Ied di masjid ini dan sekarang menjadi monumen saja.

7
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *