Salsabila A a wanderer and a writer

BIAYA HAJI 2020 TIDAK NAIK, INI RINCIANNYA

1 min read

BIAYA HAJI 2020 TIDAK NAIK, INI RINCIANNYA

Punya rencana buat pergi ibadah haji ke Tanah Suci? Jika iya, maka Informasi soal biaya haji 2020 tentu penting banget buat kamu ketahui. Emangnya, berapa sih biaya haji tahun ini? Nah, melansir dari laman Ihram.co.id, Kementerian Agama menyepakati kalau biaya penyelenggaraan ibadah haji atau BPIH tahun 2020 ini gak ada kenaikan biaya haji dari tahun sebelumnya. 

Di tahun sebelumnya, biaya haji yang dibayarkan oleh jamaah adalah sebesar 2.563 dollar US atau setara dengan Rp 35.235.602. Tahun ini, biaya yang ditetapkan juga sama alias gak ada kenaikan. Salah satu faktor utamanya adalah karena nilai tukar rupiah yang sebelumnya sebesar Rp 14.200/dollar US, dan di tahun ini mengalami penurunan menjadi Rp 13.750. 

Meskipun biaya haji 2020 ini gak ada kenaikan, tapi pemerintah juga memberikan jaminan kalau jamaah bisa mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang sama seperti sebelumnya. Bahkan ada beberapa pelayanan yang ditingkatkan, seperti salah satunya adalah dari penyediaan layanan penginapan atau akomodasi. Di tahun ini, setiap tempat pemondokan diberikan beberapa standar khusus seperti standar bintang tiga, harus tersedia fasilitas mencuci, hingga ruang kesehatan. Selain itu, ada juga peningkatan kualitas petugas dan pembimbing haji, sampai penambahan makan sebanyak 50 kali yang di tahun sebelumnya sebanyak 40 kali. 

Dari total BPIH yang dibayarkan jamaah, rincian alokasi biaya tersebut adalah untuk tiket pesawat PP Indonesia - Saudi Arabia, penyediaan layanan akomodasi, visa, dan living cost. Jamaah mendapatkan uang saku atau living cost sebesar Rp 5.000.005 atau 1.500 riyal, dan biaya untuk visa Rp 1.100.000 atau sekitar 300 riyal. Dengan demikian, dari biaya yang dibayarkan ini jamaah gak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat visa.

Itulah beberapa informasi terkait biaya haji 2020. Untuk kamu yang sudah merencanakan keberangkatan haji di tahun ini, semoga lancar selalu dan mendapatkan haji yang mabrur yaa. 

9
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *