Salsabila A a wanderer and a writer

BEGINI CARA MUDAH CEK VISA PROGRESIF

1 min read

BEGINI CARA MUDAH CEK VISA PROGRESIF

Umat muslim mana sih yang ngga mau berkunjung ke Tanah Suci untuk umroh atau bahkan haji? Yang ngga mau, wah perlu dipertanyakan itu ke-Islamannya. Nah sebelum berangkat ke Tanah Suci, salah satu berkas paling penting yang ngga boleh lupa adalah Visa. Kamu juga perlu tau gimana sih cara mudah cek visa progresif?

 

Udah tau belum ada peraturan kerajaan Arab Saudi yang menerapkan kebijakan biaya visa progresif sebesar SAR 2000 untuk umroh? Ketentuannya, peserta umroh yang berangkat terhitung mulai bulan Oktober 2016 dikenakan biaya progresif jika berangkat lagi di tahun yang sama atau tahun berikutnya.

 

Mau tidak mau, terpaksa jamaah yang suka umroh berkali-kali ini harus menunda keberangkatan mereka dan menunggu sampai dua tahun, soalnya 2000 SAR senilai dengan 7 jutaan rupiah. Jadi jika harga umroh yang paling murah 20 juta misalnya, maka suami istri tadi harus menambah 14 juta karena terkena visa progresif.

 

Adapun ketentuan pemutihan atau sampai tidak dikenakan lagi belum ada informasi yang pasti dari Kerajaan Arab Saudi atau kedutaannya di Jakarta, maka sebaiknya bagi kita yang pernah berangkat Umroh dan ingin berangkat lagi bisa langsung cek di sistem pengecekan online dengan mengunjungi Website Resmi Kementerian Haji klik link https://eservices.haj.gov.sa/VisaProgresif

 

Situs ini belum menggunakan bahasa Indonesia namun hanya berbahasa Arab dan Inggris, adapun panduan untuk mengecek apakah kita terkena visa progresif atau tidaknya dengan mengisi kolom halamannya sebagai berikut :

 

1.    Pilih Negara Indonesia

2.    Masukan nomor Paspor (Contoh: A 123456 Menggunakan Spasi)

3.    Masukan Image Code

4.    Klik Search

 

Jika tidak dikenakan biaya akan muncul keterangan bahwa nomor paspor kita bebas progresif akan tetapi jika dikenakan biaya maka akan muncul juga keterangan visa progresif yang harus dibayar.

 

Kebijakan baru kerajaan Arab Saudi ini sebenarnya bukan hanya di visa namun juga dalam banyak hal di internal kerajaan seperti pajak hotel, pajak tenaga kerja dan lain sebagainya. Sebab Arab Saudi beberapa tahun ini mengalami krisis ekonomi akibat aksi unjuk kekuatan militernya dengan mengintervensi Negara Negara tetangganya seperti Suriah dan Yaman.

 

Wah, berarti mesti nabung ekstra nih kalau emang sering kangen sama Tanah Suci dan pengin bolak-balik kesana. Demi ketenangan rohani dan kecintaan sama agama mah, ngga apa-apa lah ya..

 

 

 

oleh: Firman Zamzami LC

editor: Salsabila Ainurrohman

 

 

33
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *