Desi Wulandari Buruh teks serabutan

AMALAN SEBELUM BERANGKAT UMROH YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN JEMAAH

1 min read

AMALAN SEBELUM BERANGKAT UMROH YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN JEMAAH

Ngga mau kan kesempatan berangkat haji atau umroh jadi sia-sia karena kita kurang maksimal beribadah ketika di tanah suci? Oleh karenanya, sebelum berangkat ke tanah suci ada baiknya jemaah melakukan amalan sebelum haji dan umroh supaya terbiasa dan bisa beradaptasi dengan situasi ketika sudah berada di sana, di antaranya yaitu:
 

  1. Membiasakan diri untuk melaksanakan salat fardu berjamaah di masjid, membaca Al-Quran, dan berzikir. Selain melaksanakan rukun haji dan umroh, waktu kita bakal banyak dihabiskan dengan kegiatan tersebut. Kalau sudah terbiasa membaca Al-Quran dan berzikir maka setiap ada waktu luang kita akan otomatis melakukannya dan semoga saja akan terus berlanjut.
     
  2. Bertaubat kepada Allah dengan memperbanyak istigfar dan memohon ampunan  Allah termasuk amalan sebelum haji dan umroh. Jangan lupa juga untuk membayar utang, mengembalikan barang yang pernah dipinjam kepada pemiliknya, dan menyiapkan nafkah buat anggota keluarga yang wajib dinafkahi selama kita melakukan perjalanan haji dan umroh sampai kembali ke rumah.
     
  3. Mencari teman baik untuk perjalanan selama di tanah suci. Bukan cuma bertujuan untuk menemani saja, teman yang baik ini bisa membantu kita dengan cara selalu mengingatkan agar selalu melakukan kebaikan. Kita juga bisa belajar menghargai, bertoleransi dan menghilangkan sifat egois kepada teman satu rombongan ketika di tanah suci nanti.
     
  4. Membiasakan diri berdoa kepada Allah sebelum pergi kemanapun, seperti minta supaya sepanjang perjalan diberi keselamatan, dihindari dari bahaya, serta perjalanan yang dilakukan diridhai Allah. Sehingga dengan melakukan amalan sebelum haji dan umroh ini kita bakal terbiasa membaca doa ketika akan berangkat ke tanah suci sampai kembali ke tanah air.
     
  5. Menyiapkan kondisi badan dengan melakukan latihan fisik, olahraga, dan menjaga asupan makanan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga sampai jadwal keberangkatan ke tanah suci. Ibadah haji dan umroh tentunya memerlukan kondisi fisik yang fit dan daya tahan tubuh tinggi supaya ketika melaksanakan rangkaian ibadah ngga gampang kelelahan dan jatuh sakit.
     
  6. Kalau kita sedang menderita suatu penyakit, segera periksakan ke dokter dan lakukan pengobatan sampai sembuh supaya ketika di tanah suci nanti penyakit tersebut ngga kambuh dan menganggu kekhusyukan ibadah haji dan umroh. Kalau memang ngga bisa disembuhkan dalam waktu dekat, siapkan obat khusus untuk berjaga kalau nanti penyakitnya kambuh.

 


image: https://www.stuff.co.nz

10
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *