Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

ADA SWEEPING AIR ZAM-ZAM, JANGAN JADI JAMAAH BANDEL YA!

1 min read

ADA SWEEPING AIR ZAM-ZAM, JANGAN JADI JAMAAH BANDEL YA!

Air zam-zam memang bisa dibilang merupakan oleh-oleh paling khas dari tanah suci. Sanak saudara dan kerabat pasti senang dibawakan oleh-oleh yang satu ini. Bahkan, bisa jadi, air zam-zam lah oleh-oleh yang paling mereka nantikan. Tapi, hal tersebut jangan sampai membuat kamu menjadi jamaah bandel ya. Kita tetap harus mematuhi aturan yang ada tentang batasan membawa air zam-zam. Aturannya hanya membolehkan jamaah maksimal membawa 5 liter air zam-zam. Aturan ini diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi dengan serius. Biasanya, saat jamaah haji Indonesia akan pulang, para petugas haji dan pihak Garuda Indonesia melakukan sweeping air zam-zam kepada setiap jamaah. Tentu berurusan dengan petugas sweeping bukanlah perkara yang mudah.

Apa yang akan terjadi kalau kita kena sweeping air zam-zam di bandara? Tentu bisa membuat kita deg-degan ya… selain itu dengan banyaknya jamaah yang bandel, maka bisa memperlambat waktu kepulangan kita ke tanah air. Sudah rindu dengan keluarga dan sanak sudara, eh masih harus mulur waktu pulangnya karena ulang kita sendiri. Selain itu, dengan banyaknya jamaah Indonesia yang kena sweeping, juga akan mempermalukan bangsa kita kan. Bisa-bisa orang Indonesia dikenal sebagai orang yang bandel dan nggak mengerti aturan. Malu dong sama umat muslim dari berbagai penjuru dunia. Kita harus jaga nama baik Indonesia ya.

Kamu juga harus tahu bahwa aturan batas jumlah air zam-zam nggak asal diadakan. Tentu ada alasan penting dibalik adanya peraturan tersebut. Yaitu bahwa muatan air yang berlebihan di dalam pesawat bisa membahayakan penerbangan dan membahayakan keselamatan kita semua. Muatan air berlebihan di pesawat beresiko terjadi kebocoran. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa menyebabkan konsleting dan kecelakaan pesawat. Alasannya nggak main-main kan?

Jadi, jangan jadi jamaah yang bandel ya? Karena kalau memang oleh-oleh air zam-zam tidak cukup untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat, masih banyak kok oleh-oleh lainnya yang juga bisa menjadi oleh-oleh berkesan. Misalnya, kurma, kacang-kacangan, tasbih, sampai kosmetik Arab Saudi.

InshaAllah, apapun oleh-oleh yang kamu bawakan untuk mereka pasti akan berkesan. Kamu juga bisa memberikan pengertian pada mereka kalau ada aturan tentang batas membawa air zam-zam. Bahkan sampai dilakukan sweeping air zam-zam. Hal tersebut bisa menjadi bahan cerita saat kita mengadakan silaturahmi di rumah kita. Cerita pengalaman dari Tanah suci juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik. Apalagi, dengan menceritakan tentang aturan air zam-zam, artinya kamu juga ikut mensosialisasikannya loh.

 


image source: Pixabay

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *